Monday, March 26, 2007



Sauhagolo..!


Tips ke Nias
  • Carilah informasi dari berbagai sumber tentang tujuan anda di Nias. Jika mendapatkan informasi dari satu sumber belum tentu cukup, cari second information, third information dst. Lalu tetapkan perjalanan anda...and go head!

  • Beberapa pesawat terbang—Merpati, Susi Air, SMAC—telah membuka rute ke Gunungsitoli dan P. Telo setiap hari dari Medan, ada juga perjalanan laut dengan speed boat dan feri dari Sibolga ke Gunungsitoli. Silakan anda putuskan angkutan perjalanan anda, sesuaikan dengan waktu dan finansial.

  • Siapkan diri—mental dan fisik—bahwa anda akan melakukan perjalanan adventure. Fasilitas wisata masih minim di Nias tetapi itu malah membuat perjalanan anda jadi cukup menantang.

  • Pikirkan untuk meminta bantuan guide lokal karena dia bisa menjadi penerjemah anda berkomunikasi dengan masyarakat pedalaman, selain memandu perjalanan anda.
    Selalu siapkan snack dan minuman ringan saat memasuki lokasi yang mempunyai tingkat kesulitan tak dapat anda perkirakan untuk mencegah anda dari terlambat makan.

  • Orang Nias umumnya cukup ramah, jadi setiap bertemu penduduk lokal sapa atau jawab sapaan mereka dengan “ya’ahowu” dan setelah menerima bantuan ucapkan “sauhagolo.” --nt

No comments: